15SURVEY SOSIAL BUDAYA MENANDAI dimulainya kelanjutan Riset Sadahurip, kita harus percaya bahwa kekuatan fakta pada temuan gunung Padang pada akhirnya tak akan bisa ditahan oleh kekuatan yang mempolitisasinya. Pemda Jabar, pemkab cianjur dan kementerian Dikbud tahu mana yang benar mana yang sebaliknya.

Pak Dedi “Naga Bonar” Mizwar yang mewakili Pemda Jabar bersama Gubernurnya pak A Heryawan tak mungkin berfikiran untuk tidak ingin memajukan Jawa Barat dan Indonesia. Kita sangat yakin soal itu. Kita bersabar, cepat atau lambat payung hukum kelanjutan Gunung Padang akan terrealisasi.

Jika payung hukum itu sudah ada, maka TTRM akan terus berupaya menguak fakta-fakta lain di tempat-tempat lain di jawa barat maupun yg sudah ada pra riset dari Aceh sampai Papua. Khusus Sadahurip, yang ditingkat teknis membutuhkan kelanjutan coring dan spot eskavasi, TTRM tidak akan terburu-buru melakukannya. Kita ingin menggalang seluas-luasnya para budayawan, para ahli di lembaga penelitian dan universitas.

Survey sosial budaya secara khusus di Sadahurip TTRM akan meminta bantuan para budayawan, Jurusan ilmu budaya UI, UNPAD, Unpas, ITB dan berbagai Universitas lainnya di Jawa Barat. Meski gunung Sadahurip bukan situs arkeologi seperti gunung Padang, namun bantuan arkeolog (Balar jabar, dll adalah hal yang penting.

Dan tak kalah pentingnya adalah bantuan Pemkab Garut, pemda Jabar dan masyarakat Garut dan sekitar Gunung Sadahurip. Kita ingin menambah kualitas persatuan, karena hasilnya adalah milik bangsa ini.

1

7

8

9

10

11

12

13

14

2

3

4

5

6