AA7Apa yang harus diragukaan tentang peradaban-peradaban besar yang pernah ada? Sebetulnya peradaban-peradaban besar dijelaskan proses perkembangannya. Bukan berbentuk fabel yang mengisyaratkan pesan moral, bukan juga sebagai mythologi ala mesir dan Yunani sehingga lamunan kita tergoda kesimpulan sim salabim berkat alien.

Sejarah kejayaan atlantis, dahsyatnya kekuatan bangsa ad dan tsamud, kejayaan son of ad, kejayaan Daud dan Sulaiman (king solomo), kejayaan Iskandar Zulkarnaen adalah sebuah kisah sederhana dan masuk akal tentang sebuah bangsa yang membangun peradabannya dengan cara2 terukur dan berproses (mungkin Sriwjaya, Majapahit, Pajajaran dll kisah rincinya hilang, seperti juga kehilangan bukti kerajaannya).

Kejayaan Atlantis misalnya dimulai dengan kedaangan imigran memasuki negeri tersebut, mempersunting wanita pribumi, berakulturasi dan menetap. Kehadiran imigran membawa skill dan etos kerja serta managemen yang lebih baik Perlahan-lahan bangsa besar Atlantis tumbuh. Istana dan sejumlah infrastruktur serta sarana transportasi dibangun, industri dikembangkan, sistem pertanian dan energi terkontrol sebagai sebuah syarat utama membangun peradaban hebat.

Secara bersamaan berbagai peraturan atau produk hukum disesuaikan dengan perkembangan jamannya. Setelah menjadi bangsa kuat, berperan sebagai kekuatan perdagangan yang disegani di dunia, memperluas pengaruh politiknya, demikian juga peradaban hebat lainnya yang pernah ada. Memang, setelah peistiwa air bah global, bangkitnya peradaban-peradaban baru setidaknya 4 masa kejayaan berbeda, karena bangsa-bangsa itu dibantu percepatannya oleh kemauan mempercayai di masa lalu sudah ada peradaban dahsyat.

Karena itu mereka memastikan untuk melakukan pencarian besar2an sisa-sisa living monument yang berharga buat membantu membangkitkan kejayaan bangsa tersebut. Bangsa yang besar adalah bangsa yang melakukan pencarian tanpa batas. Hampir Semua bangsa lakukan ekspedisi besar-besaran ke Nusantara sejak awal masehi.

Entah apakah yang mereka inginkan sudah tercapai atau belum. Tapi yang jelas, kita bangsa yang sekarang menetap disiini, sudah menemukan “mahkota dunia”. Akses masuk ke dalamnya tinggal dieskavasi. Siapa yang ingin masuk ke dalamnya pertama kali? Ini bukan fllm indiana jones.