azd11

Arahan Presiden SBY (18/Mei/2013) dalam acara menyimak paparan “Tim Terpadu Riset Mandiri” di Kantor Presiden, Istana Negara (Jakarta) tentang Kebencanaan, Peradaban dan Perkembangan riset Gunung Padang:

1. Menugaskan Mendikbud dan Menteri ESDM untuk Pusat riset kebumian dipercepat dibentuk di ITB sejalan dengan sudah terbentuknya Pasca sarjana Kebumian. Mengingat bencana dan ancaman bencana geologi ada dan nyata, Ilmuwan kebumian diharapkan melakukan riset baik di patahan gempa maupun Gunung Api sehingga bukan hanya mampu mengidentifikasi ancaman saja namun juga mampu mendata kebencanaan masa lalu yang bisa terulang periodeisasinya.

2. Bersama para ahli, Menteri ESDM diminta Survei bawah tanah (sub surface) Jakarta sesegera mungkin dilakukan kerjasama pemnerintah pusat dan Pemerintah DKI jakarta.

3. Melihat perkembangan kondisi lumpur sidoarjo yang terus menerus keluar, Menteri ESDM dan BPLS segera melakukan Survei bawah tanah di bawah luapan lumpur sidoardjo . Selain pelunasan oleh pihak Lapindo, faktor mitigasi atas luapan lumpur tidak kalah pentingnya.

4. Pembersihan atau menyibak tanah dan semak , Ekskavasi dan Pemugaran di Gunung Padang diselesaikan pada tahun ini, dan Riset Gunung padang dan kawasannya untuk terus dilakukan. Pemerintah Pusat dan Pemda serta Pemkab serta kementerian/lembaga yang berhubungan dengan riset ini dalam waktu dekat berkoordinasi. Apa yang sudah ditemukan oleh Tim terpadu merupakan hal yang positif bagi Indonesia bahkan dunia. Mensetkab dan Mensetneg ditugaskan segera melakukan koordinasi ini.


A.Mendampingi Presiden SBY:
Mensesneg, setkab, Menparakraf, Men Esdm, Mendikbud, Wamen PU, Staf Khusus Presiden, Jubir Presiden, Kabalitbang Depdagri

B.Tim Terpadu:
1. DR Danny Hilman (Ahli Gempa dan Ketua tim Riset)
2. DR. Andang Bachtiar (geolog ahli statigrafi)
3. DR. Wahyu Triyoso (Ahli seismic)
4. DR.Irwan Meilono (ahli Gempa GREAT ITB)
5. DR Boediarto Ontowirjo (ahli tkonstruksi sipil dan uji lab)
6. DR. Ali Akbar (Arkeolog UI. Ketua tim eskavasii)
7. Ir Pon Purajatnika (Arsitek, mantan ketua ikatan ahli Arsitektur Indonesia)
8. Ir Wisnu Artika (geolog) 9. DR Gegar Prasetya (ahli Tsunami )
10. Prof Bambang (Dekan Fakultas Ilmu Budaya UI)
11. Dr.Lily Tjahjandari (Ahli Budaya UI)
12. Teguh Santosa

1

2

3

4

5

6

Iklan