gunung padangMisteri Gunung Padang perlahan mulai terkuak. Arkeolog Ali Akbar dari Tim Terpadu Riset Mandiri yang melakukan penggalian di kawasan itu menemukan logam. Ini merupakan hal baru. Diduga logam itu sebagai alat pemotong batu di kawasan itu.

“Penelitian di sisi barat dekat dengan teras 1 memperoleh temuan berupa sepotong logam. Logam tersebut bentuknya tidak utuh lagi dan berkarat. Panjang logam ini 7,5 Cm dengan tebal 0,5 Cm. Lebar terlebar 1,8 Cm dan di terdapat bagian yang lebarnya 1 Cm,” kata Ali Akbar dalam keterangannya, Rabu (6/3/2013).

Logam yang ditemukan itu, meskipun tidak utuh, namun melihat bentuknya, kemungkinan alat ini merupakan alat potong. “Bagian bilah atau pemotong berukuran lebar minimal 1,8 Cm. Alat ini kemungkinan mempunyai gagang yang lebarnya minimal 1 Cm,” imbuh Ali.

Ali juga menjelaskan, terdapat kemungkinan bagian gagang tersebut dilapisi lagi, misalnya jika membandingkan dengan pahat atau pisau masa kini, maka bagian gagang dilapisi kayu sebagai bagian pegangan alat potong.

“Temuan ini menjadi menarik karena merupakan satu-satunya temuan logam sejak Tim Terpadu Riset Mandiri melakukan penelitian pada bulan Mei 2012. Temuan ini mungkin terkait dengan hasil analisis dari tim ini terhadap batu-batu Gunung Padang. Batu-batu Gunung Padang secara alami berukuran panjang dan berpenampang segi lima. Berdasarkan analisis laboratorium diketahui batu-batu panjang tersebut sebagian sengaja dipatahkan atau dipotong oleh manusia. Namun belum diketahui secara pasti, seperti apa alat potongnya,” urainya.

Temuan logam dari Gunung Padang akan segera dibawa ke laboratorium untuk memperoleh pengetahuan yang lebih lengkap. Sementara itu, Tim Terpadu Riset Mandiri akan terus melakukan riset sepanjang tahun 2013 ini.

“Gunung Padang itu sendiri merupakan bangunan yang berundak atau berteras-teras. Kepurbakalaan seluas 15 hektar ini sebagian besar masih tertutup pohon dan semak belukar, sehingga kemungkinan besar masih menyimpan berbagai bukti peradaban masa silam,” jelasnya.

sumber: http://news.detik.com/read/2013/03/06/152307/2187465/10/ada-temuan-unik-di-gunung-padang-sebuah-logam-alat-pemotong