Kita telah menyaksikan bencana alam dahsyat akibat Topan Katrina di kota New Orleans, demikian juga bencana-bencana alam lainnya. Akan tetapi itu tidak dapat dibandingkan dengan bencana dahsyat yang kedatangannya telah diprediksi pemerintah Amerika.
Situs American Dream 7 Januari 2011 memuat artikel berjudul “Is The New Madrid Fault Earthquake Zone Coming To Life?” (Apakah Zona Gempa Bumi New Madrid Hidup Kembali?)

“Apa sebenarnya yang sedang terjadi di Amerika saat ini? Ribuan burung-burung berjatuhan dari langit dalam keadaan mati, puluhan ribu ikan mati terdampar, gempa bumi muncul di berbagai tempat, dan orang-orang mulai benar-benar cemas mengenai semua ini. Salah satu teorinya adalah zona seismik New Madrid telah hidup kembali. Zona ini enam kali lebih besar dari zona seismik San Andreas di California, dan meliputi bagian-bagian dari negara-negara bagian Illinois, Indiana, Missouri, Arkansas, Kentucky, Tennessee dan Mississippi. Sejarah gempa bumi di Amerika Serikat disebabkan oleh zona seismik New Madrid ini. Kini ada kekhawatiran bahwa zona seismik New Madrid telah hidup kembali, dan jika ‘gempa bumi pembunuh ini’ benar-benar terjadi ia dapat mengubah kehidupan kita selama-lamanya.

Jadi apa yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini di wilayah tersebut?

* Menurut US Geological Survey, lebih dari 500 gempa bumi yang terukur telah tercatat di pusat Arkansas hanya sejak September 2010.
* Sebuah gempa bumi berkekuatan 3,8 skala Richter yang mengguncang Indiana pada 30 Desember 2010 lalu disebut ‘tak ada sejarah kejadiannya.’ Gempa itu cukup besar yang menyebabkan retakan pada tanah dan dirasakan di sebagian Ohio, Illinois, Wisconsin dan Kentucky.
* Lebih dari 3000 burung bersayap merah jatuh dari langit dalam keadaan mati di kota Beebe di Arkansas pada tahun baru 2011.
* Sejumlah besar burung mati juga ditemukan di Kentucky persis di sekitar Natal.
* Kira-kira 500 burung hitam mati baru-baru ini juga ditemukan di Pointe Coupee Parish, Lousiana.
* Kira-kira 100.000 ikan ditemukan mati di tepian Sungai Arkansas hanya minggu lalu.

Jadi apakah semua ini mempunyai penjelasan yang sederhana? Mungkin
Akan tetapi kenyataan bahwa semuanya terjadi di atau sekitar zona seismik New Madrid mulai mengernyitkan dahi orang.
Kira-kira 200 tahun yang lalu, pada 1811 dan 1812, terjadi empat gempa bumi yang sedemikian kuat di wilayah zona seismik New Madrid yang masih saja dibicarakan orang hingga hari ini. Keempat gempa bumi itu diperkirakan mempunyai kekuatan 7,0 skala Richter atau lebih. Dikisahkan bahwa gempa-gempa bumi itu membuka patahan yang dalam di dalam tanah, yang menyebabkan aliran Sungai Mississippi berbalik arah ke hulu dan gempa itu terasa hingga Boston.
Gempa bumi terakhir yang menghantam wilayah itu berkekuatan 5,4 yang mengguncang kota Dale, Illinois pada 1968. Anehnya setelah itu wilayah ini nampak tenang hingga akhir-akhir ini.

Jika ‘gempa pembunuh’ benar menghantam sepanjang zona seismik New Madrid pada hari ini, kota-kota seperti St. Louis, Missouri dan Memphis, Tennesse dapat sepenuhnya hancur…
Inilah yang dikhawatirkan banyak ahli seismologi…Satu teori yang menarik adalah bahwa ‘gunung api minyak’ yang mengalir akibat kebocoran pengeboran minyak BP pada 2010 mungkin telah memicu aktivitas seismik baru pada wilayah itu.
Jack M. Reed, seorang pensiunan ahli geologi-geofisika Texaco, telah secara cermat mempelajari geologi dari Teluk Mexico selama lebih dari 40 tahun. Reed yakin bahwa Teluk Mexico saat ini telah aktif secara tektonik, dan bahwa Teluk Mexico adalah sumber dari kebanyakan aktivitas seismik di sepanjang New Madrid.
Menurut Reed, terdapat bukti-bukti yang kuat bahwa zona seismik New Madrid terhubung langsung ke ‘lempengan tektonik yang terbenam sangat dalam’di Teluk Mexico…
Jadi apakah BP mengganggu lempengan tektonik tersebut dengan mengebor sumur minyal yang sedemikian dalam dan mengalirkan semua minyak itu ke Teluk Mexico?