Menurut Oppenheimer, induk peradaban manusia modern berasal dari sundaland atau Indonesia.

Ahli teori genetika dan struktur DNA manusia dari Oxford University, Inggris, Stephen Oppenheimer tengah berkunjung ke Indonesia. Penulis buku ”Eden in The East’ ini menyatakan dahulu Indonesia sempat jadi bangsa yang maju.

“Di masa lalu, kalian ada sebuah peradaban maju,” kata dia saat bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Kamis 2 Februari 2012.

Dia menjelaskan Asia Tenggara ada dalam satu kontinen besar yang terdiri dari Kalimantan, Jawa, Muangthai (Thailand), dan Filipina.

Analisis Oppenheimer seperti memutarbalikkan sejarah yang sudah ada. Lewat bukunya yang merupakan catatan perjalanan penelitian genetis populasi di dunia, ia mengungkapkan bahwa peradaban yang ada sesungguhnya berasal dari Timur, khususnya Asia Tenggara.

Sejarah selama ini mencatat bahwa induk peradaban manusia modern itu berasal dari Mesir, Mediterania dan Mesopotamia. Tetapi, menurut dia, nenek moyang dari induk peradaban manusia modern berasal dari tanah Melayu yang sering disebut dengan sundaland atau Indonesia.

Apa buktinya? “Peradaban agrikultur Indonesia lebih dulu ada dari peradaban agrikultur lain di dunia,” kata lulusan fakultas kedokteran Oxford University dalam sebuah diskusi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/284957-di-masa-lalu–ri-adalah-peradaban-maju