YAHOO Search Trends kembali mengungkap data hasil pencarian. Kali ini, mesin pencari itu digunakan untuk menganalisis 10 topik teratas seputar tragedi dan bencana yang terjadi pada 2011. Berikut 10 tragedi paling dicari selama 2011 :

1. Tsunami Jepang

Hampir 16 ribu orang tewas, 4.000 hilang, dan 6.000 terluka di delapan prefektur. Tidak kurang dari 125 ribu bangunan rusak dengan total kerugian mencapai US$300 miliar.

2. Isu gempa bumi

Pernyataan Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Andi Arief tentang Jakarta berpotensi dilanda gempa besar berkekuatan 8,7 skala Richter berhasil menarik perhatian orang.

3. Gunung Anak Krakatau

Sering aktifnya Gunung Anak Krakatau dikhawatirkan berdampak buruk pada jembatan Selat Sunda yang rencananya akan dibangun pada 2014. Hal itu mengundang perhatian orang.

4. Kapal Sinar Kudus

MV Sinar Kudus milik PT Samudera Indonesia yang sedang dalam perjalanan dari Pomalaa, Sulawesi Selatan, menuju Rotterdam, Belanda, dibajak di Semenanjung Somalia. Kapal mengangkut nikel milik PT Aneka Tambang senilai Rp1,4 triliun. Wow!

5. Bom Utan Kayu

Teror bom menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan menimbulkan kepanikan. Puluhan laporan diterima. Masyarakat menjadi takut menerima paket dan mencurigai bungkusan-bungkusan tidak bertuan di tempat-tempat umum.

6. Kerusuhan London

Diawali dengan kematian laki-laki bernama Mark Duggan, 29, dengan peluru bersarang di dadanya. Kematiannya disikapi degan demonstrasi yang berujung pada kerusuhan di Tottenham, London Utara, pada 6 Agustus 2011.

7. Kecelakaan Merpati

Pesawat Merpati MA 60 mendarat dengan keras di Perairan Kaimana, Papua Barat. Cuaca buruk pada 7 Mei 2011 membuat pilot tidak dapat mendarat di bandara. Pesawat buatan China itu pecah, lalu tenggelam di laut dan menewaskan 21 penumpang dan awak pesawat.

8. Ramalan kiamat

Penyiar Family Radio di Amerika, Harold Camping, meramalkan kiamat akan terjadi pada Sabtu, 21 Mei 2012, pukul 18.00. Menurutnya, manusia dimusnahkan melalui rentetan gempa dahsyat. 5.000 billboard dipasang di Amerika untuk mengingatkan manusia.

9. Teroris Norwegia

Sebuah bom yang meledak di Kota Oslo, Norwegia, menewaskan tujuh orang. Sejam kemudian, seorang laki-laki bersenjata menembaki anak-anak muda yang sedang retret di Pulau Utoya.

10. Pergolakan Arab

Tahun 2011 bisa dikatakan sebagai tahun kebangkitan negara-negara Arab. Protes rakyat berujung revolusi terjadi di Tunisia dan Mesir. Lalu, terjadi perang saudara di Libya dan demo besar-besaran di Suriah, Yaman, dan negara-negara sekitarnya.