INILAH.COM, Jakarta – Sejumlah candi dan bangunan berbentuk piramida diperkirakan terkubur di beberapa lokasi di Pulau Jawa dan Sumatra. Kecurigaan akan adanya bangunan yang diduga candi atau piramida tersebut muncul secara tidak sengaja ketika dilakukan penelitian mengenai patahan gempa.

Penemuan tersebut terjadi secara kebetulan saat tim Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam meneliti patahan gempa di Jawa dan Sumatra sejak delapan bulan lalu. Lokasi yang diteliti berada di Jawa Barat, Lampung, Bengkulu, Jambi, Palembang, dan Garut.

Para peneliti merasa curiga karena di wilayah itu terdapat bukit yang bentuknya di luar kebiasaan struktur bukit. Bukit-bukit itu terlihat bukan terbentuk oleh alam, tetapi seperti gundukan tanah yang mengubur bangunan.

Namun, menurut Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, penemuan itu masih harus diperdalam lagi. “Masih harus diperdalam lagi informasi itu, belum bisa dipastikan 100 persen,” kata Anda Arief kepada INILAH.COM, Sabtu (26/3/2011).

Menurut sumber yang menolak disebutkan namanya, bukit-bukit tersebut sudah diteliti menggunakan citra satelit, data seismik dan citra tiga dimensi. Saat ini penelitian juga masih berlangsung. Yang pasti, menurut Asisten Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Iwan Sumule, jika candi itu benar-benar terkubur di dalamnya, maka itu akan menjadi benda arkeologi untuk mengungkap peradaban di Indonesia.