DR Bagus EndarBenchmarking Citra tomografi rongga bawah tanah gunung padang oleh Tim Tomography (DR. Bagus Endar dan tim). Tim Tomography masih di lokasi.

jika ada waktu luang disarankan warga bisa menyempatkan diri membantu agar lancar sekaligus belajar tentang satu bidang ilmu ini.

Tim ini beberapa teknologinya diciptakan sendiri dan menjadi Tim papan atas di dunia eksplorasi karena keunggulan teknologi dan dedikasinya. Semua putera terbaik bangsa kita sendiri.

Gunung Padang

Rongga Gunung Padang

Rongga Gunung Padang 2

Penjelasan Umum Tomography oleh DR Bagus Endar

Tentang tomografi, ini adalah metode pencitraan yang tidak merusak
(non destructive) yang bisa dipakai untuk melihat penampang lintang sebuah obyek..seolah ‘diiris/disayat’ dengan tanpa merusak…karena mempergunakan gelombang seismic (gempa buatan).

Tomografi adalah salah satu metode yang pencitraan terdepan dalam dunia kedokteran, contonya: CT Scan (Xray Tomography), MRI Imaging (NMR Tomography), PET (Positron Emission Imaging Tomograpy).
Dikarenakan teknik pencitraannya yang mudah diinterpretasi, maka metode
ini menjadi sangat popular di medical sejak Hounsfeld dan Cormack penemunya dianugerahi hadiah Nobel pd tahun 1979.

Kesuksesan tomography di dunia medis inilah yang menyebabkan para peneliti mencoba untuk menerapkan di dunia eksplorasi dengan menggunakan gelombang seismic. Namun tantangannya jauh beda, dikarenakan kondisi ideal spt di dunia kedokteran tidak didapat, terutama sudut pencitraan yang terbatas. Di dunia eksplorasi, kita tidak bisa memasang sumber dan penerima gelombang
mengitari objek secara 360 derajat seperti di dunia kedokteran.

Namun keterbatasan inilah yang menyebabkan penelitian dipacu penuh utk memecahkan keterbatasan tersebut. Maka muncullah beberapa metoda tomografi, beberapa diantaranya diaplikasikan di Gunung Padang.

Kondisi bawah permukaan gunung padang, akan dicitrakan dengan teknik ini, diharapkan kita akan tahu penampang lintang dibawah tiap2 line. Anomali bawah permukaan berupa rongga, perlapisan diharapkan bisa tercitrakan dengan baik.

Mengapa perlu mencitrakan dengan tomography ?

•Kita tidak dapat mencitrakan bawah permukaan yang kompleks dengan seismik pantul biasa, dikarenakan lapisan bawah permukaan Gunung padang cukup kompleks. Biasanya citra seismik refleksi (pantul) akan tidak jelas (blurr).
•Citra Tomography mudah diinterpretasi karena seperti layaknya melihat (sayatan melintang dari sebuah gunung).
•Keberadaan lobang atau ruangan dengan relatif mudah diinterpretasi dengan ambiguitas minimum. Lobang akan dicitrakan dengan velocity (kecepatan) rendah.

About these ads